Senin, 12 Oktober 2015

Cara dan tips mengurangi makan yang berlebihan atau over


Makanan adalah sebuah anugrah yang di berikan oleh yang maha kuasa, dan makan juga adalah salah satu tujuan orang mencari uang. Tidak hanya itu makan adalah tujuan untuk seseorang menyambung hidup nya. Dengan Makanan yang begizi dan bervitamin orang akan berumur lebih panjan itu konon kata nya. Di saat kita masih anak-anak selalu di tanamkan oleh orang tua kita untuk makan yang banyak itu di maksud kan untuk menabah gizi dan proses pertumbuhan badan kita saat dewasa nanti lebih sehat.

Tapi jika makan makanan yang berlebihan juga bisa menjadi bumerang bagi kita. Menurut penelitian para pakar ilmu kesehatan over makan tidak lah bagus.

Seperti yang di sarankan oleh para pakar untuk makan dan makanan adalah sebagai berikut :
  1. Duduk

    Saat Anda duduk, Anda bisa lebih fokus, artinya Anda membuat pilihan yang lebih baik dan memberi kesempatan pada tubuh untuk mengenali seberapa banyak makanan yang dikonsumsi dan seberapa kenyang Anda setelah makan dan mencegah dari makan berlebih setelahnya.
  2. Kunyah perlahan

    Ini hampir sulit dilakukan dalam pilihan kegiatan yang diujikan oleh para peneliti, ujar Albers. "Entah Anda makan sambil berjalan, ngobrol dengan teman, atau menonton tv, adalah hal yang umum untuk menyesuaikan kecepatan makan Anda dengan kecepatan apa pun di sekitar Anda," jelasnya.

    Untuk mengatasi hal itu Albers mempunyai trik: makan dengan tangan yang jarang Anda gunakan. Ini akan memperlambat aktivitas hingga 30 persen.

    "Dan jika Anda harus makan sambil berjalan, mungkin menggumamkan nada melow di kepala bisa membantu Anda sedikit melambatkan aktivitas," sarannya.
  3.  Nikmati

    Ini bagian yang paling menyenangkan! Bagian di mana Anda benar-benar harus menikmati apa yang Anda makan dan menyadari adanya potongan buah atau granola bar atau apa pun yang tengah Anda kunyah serta kelezatan rasanya.

    Untuk belajar benar-benar merasakan makanan Anda, lakukan 5 latihan ini: Makan 5 butir kismis secara satu per satu. Kunyah perlahan dan sesadar yang Anda bisa lalu tuliskan seperti apa rasanya, bagaimana rasanya di mulut Anda, seperti apa perubahan teksturnya ketika dikunyah dan seterusnya.
  4. Sederhanakan lingkungan Anda


    Ketika Albers makan di mejanya, dia memutar kursinya dari arah monitor komputer hingga selesai makan siang. Dia juga mematikan telefon.
    "Meskipun telefon genggam saya berada di seberang ruangan, jika saya mendengarnya berbunyi, perhatian saya akan beralih dari piring pada siapa yang berusaha menghubungi saya," ujarnya.

    Albers juga menyarankan untuk menempatkan makanan sehat di lokasi yang nyaman serta menghindari membeli junk food yang tentunya tak akan bisa Anda tolak.
  5. Tersenyum di antara setiap gigitan


    Mungkin hal ini terdengar konyol, tapi menurut Albers hal ini menciptakan jeda di antara pikiran, "Saya ingin lagi," dan kemudian menambah suapan. "Tersenyum juga memompa zat perasaan senang di seluruh tubuh yang bisa mengurangi stres dan makan secara emosional," ungkapnya.
Semoga Tips dan Cara Makan yang benar ini membantu anda lebih sehat dan selamat menjalan aktifitas anda setiap hari.